KOTA PROKLAMATOR

KOTA PROKLAMATOR
                Blitar, 1 Januari 2015

Blitar merupakan salah satu kota yang terkenal di Jawa Timur. Blitar mempunyai daya tarik tersendiri karena di Kota tersebut terdapat makam Sang Proklamator Indonesia “Soekarno”. Di kabupaten ini terdapat saksi sejarah yaitu kediaman sang Proklamator, disana masih tersimpan dan terjajar rapi semua barang-barang miliknya yang dimana rumah tersebut dijadikan sebagai museum yang dibuka untuk umum. Banyak yang menyebut bahwa Museum ini adalah Istana Gebang, atau rumah tinggal Soekarno ketika masih kecil.
                                       
                                                Sumber : dokumen pribadi (2015)
Rumah yang terletak di Jalan Sultan Agung No 59, Sananwetan,Kota Blitar Jawa Timur ini memiliki daya tarik tersendiri .Terdapat beberapa ruangan seperti rumah pada umumnya disana, diantaranya adalah ruang tamu, tempat tidur,ruang keluarga, garasi, dapur. Tetapi ada satu bagian tempat yang menurut saya unik, ada sebuah balai dimana balai tersebut digunakan untuk menyimpan alat-alat kesenian tradisional tidak hanya itu, menurut penjaga yang menemani saya berkeliling area tersebut dulunya balai tersebut juga sering digunakan untuk rapat para pemuda.
Sumber : dokumen pribadi (2015)
Disamping ruang kesenian ini terdapat ruangan yang digunakan untuk menyimpan mobil keluarga Soekarno. Ada sebuah mobil sedan berjenis Mercedes tipe 10. Mobil bernomor polisi        AG 390 N terparkir rapi di garasi kediaman beliau, namun kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dipakai lagi. Mobil yang dulunya digunakan untuk menjemput Sang Mantan Presiden Pertama RI dari Pangkalan Udara Abdurahman Sales di Malang saat berkunjung ke rumah Orangtuanya di Blitar, selain itu mobil ini juga setia menemani Bung Karno untuk berkeliling di Kota Blitar ini.
Sumber : dokumen pribadi (2015)
                Tidak hanya itu masih banyak lagi barang barang serta perabotan antik jaman dahulu yang masih tersimpan dan terawat di Istana Gebang ini. Berikut  beberapa potret barang-barang unik milik keluarga Soekarno .
Sumber : dokumentasi pribadi (2015)

                Pengunjung tidak dipungut biaya apapun untuk berkeliling di kediaman Keluarga Soekarno ini, pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu dan dipersilahkan mengisi kotak amal untuk jasa kebersihan dan jasa perawatan itupun seikhlasnya. So ?  What are you waiting for ? J Come and visit it. 

Komentar

Postingan Populer