MUSEUM WAYANG YENSEN PROJECT MOJOKERTO

MUSEUM WAYANG YENSEN PROJECT MOJOKERTO

Mojokerto, 26 Maret 2016

Mojokerto, mungkin beberapa orang asing mendengar salah satu nama Kota yang berada di Jawa Timur ini. Tapi sebenarnya mojokerto adalah salah satu tempat yang menyimpan banyak sekali sejarah tentang kerajaan “Mojopahit”. Benar, kerajaan Mojopahit merupakan kerajaan terbesar yang hampir menyatukan seluruh Nusantara pada masa kejayaannya.
Sumber : Dokumentasi pribadi (2016)
Di daerah ini pula banyak sekali situs-situ sejarah yang masih terawat dan dijadikan museum,  dijadikan tempat wisata dan pembelajaran. Tapi yang akan kita bahas disini adalah museum terbaru yang sedang hits  dan instagramable banget buat kaum remaja serta bisa juga digunakan sebagai media pembelajaran. Namanya adalah “Museum Wayang Yensen Project Mojokerto”  lokasi museum ini berada di Jl. Kartini No 23.
Sumber : Dokumentasi pribadi (2016)
Di museum ini tersimpan berbagai macam kerajinan budaya, terutama wayang. Mulai dari wayang golek, wayang kulit, tokoh-tokoh ternama Indonesia hingga kebudayaan Cina seperti Barongsai pun ada. Tidak hanya itu, di Museum ini juga menyimpan banyak sekali miniatur mainan-mainan zaman dulu yang mungkin sekarang sudah hampir punah. Tidak hanya itu, alat peperangan seperti keris dan juga senjata yang digunakan dalam pertunjukan seni budaya juga ada. Disini pengunjung juga diperbolehkan untuk mencoba memegang beberapa keris tertentu yang disediakan tentunya dengan empu nya J
Sumber : Dokumentasi pribadi (2016)
Untuk tiket masuk yang ditawarkan Museum Wayang  Yensen Project ini cukup terjangkau, cukup dengan membayar sebesar Rp 25.000,00 kita sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang disediakan. Museum ini mempunyai 2 lantai pada ruangan dalam tersimpan segala macam pernah pernik wayang dan miniatur permainan yang terpajang rapi di etalase sertya memiliki rooftop bagian depan dengan tembok yang penuh lukisan yang nampak 3D
Sumber : Dokumentasi pribadi (2016)
Ada beberapa bentuk yang menarik perhatian yang merupakan tokoh presiden Indonesia dari masa ke masa.

Sumber : Dokumentasi pribadi (2016)

Pada Bagian depan Museum ini terdapat Mushola yang disediakan untuk pengunjung yang ingin menunaikan shalat dan juga terdapat kios kecil yang menjual oleh-oleh Khas Mojokerto utamanya Khas Museum Wayang ini, jadi bagi pengunjung bisa membeli buah tangan untuk keluarga dirumah. Menurut saya jika kamu ingin belajar tentang budaya dan tidak membosankan Museum Wayang Yensen Project salah satu tempat yang tepat sebagai opsi, terutama kamu yang doyan foto-foto. 

Komentar

Postingan Populer