SITUS WARUNGBOTO

SITUS WARUNGBOTO

Yogyakarta, 29 Desember 2017
Saat pertama melihat foto prawedding Putri Bapak Presiden Jokowi mbak Kahiyang dan mas Bobby saya tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut. Mulailah pencarian saya di Google. Awalnya saya mengira tempat yang digunakan adalah salah satu spot di Taman Sari, dimana tempat tersebut lagi gencar-gencarnya dikunjungi dan sangat instagramable ternyata bukan, tempat yang digunakan mbak Ayang dan mas Bobby adalah Situs Warungboto . Mungkin tidak banyak yang tau mengenai situs tersebut saya pun juga baru mencobanya kali ini karena melihat hasil foto prawedding mbak Ayang dan Mas Bobby yang unik dan etnik hehehe setelah saya telusuri ternyata belum banyak informasi mengenai situs Warungboto tersebut.

Sumber : Dokumentasi Pribadi (2017)
Warungboto merupakan salah satu situs tempat istirahat peninggalan zaman keraton Yogyakarta yang terletak di jalan Veteran, Yogyakarta Tempat ini masih berupa bangunan setengah jadi dimana di sebelahnya terdapat makam , situs ini tidak jauh berbeda dengan Taman Sari dimana juga sejenis kolam untuk para ratu dan raja hanya saja tempatnya sedikit jauh dari pusat kerajaan sehingga situs ini sedikit terlupakan, terletak di pinggir jalan raya dan sekitar rumah warga sering dimanfaatkan warga sekitar sebagai kolam (sebelum merdeka) tetapi popularitasnya semakin menurun ketika kemerdekaan, letak pintu masuknya harus melalui jalan setapak sebelah rumah-rumah warga. Untuk masuk ke situs ini tidak dikenakan tarif masuk hanya saja dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000,- karena lahan yang digunakan lahan pribadi milik warga. Apabila reader tidak membawa kendaraan pribadi tinggal turun di pinggir jalan kemudian jalan kaki kira-kira 100m menuju situs tersebut. Kebetulan saya kalau di Jogja tidak pernah membawa kendaraan sendiri alhasil saya memanfaatkan transportasi online yang ada, dari penginapan yang terletak di daerah Taman Siswa saya menuju Situs Warungboto ini dengan membayar sebesar Rp 15.000,-
  
Sumber : Dokumentasi Pribadi (2017)
Bagi sebagian orang mungkin tidak suka dengan situs ini karena bisa dibilang masih sepi pengunjung dan tidak ada petugas penjaga atau perawat kebersihan, tetapi bagi yang suka dengan ketenangan dan fotografi mungkin tempat ini bisa di jadikan alternatif. Bangunan ini terdiri dari 2 lantai terbuka, keseluruhan bangunan ini tidak terlalu luas tetapi terbagi menjadi 2 bagian yang tersambung pada awal pintu masuk kita akan langsung di sambut dengan muka bangunan yang menggambarkan sebuah teras yang dihadapannya terdapat kolam tapi tidak ada airnya dan di sisi lain bangunan ini terdapat tangga yang digunakan untuk naik ke lantai 2 dimana di lantai 2 juga terdapat pemandangan bangunan secara keseluruhan yang dapat dilihat dari atas, pengunjung rata-rata yang datang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto ala-ala OOTD hehehe, ada juga sebagian pelajar daerah Yogyakarta tersebut yang berfoto-foto disana.
Sumber : Dokumentasi Pribadi (2017)
Untuk datang kesini harus menyiapkan kemungkinan terburuk juga karena tempat ini merupakan situs di ruang terbuka dimana tidak ada atap sama sekali kecuali dibawah tangga yaa hehehe jadi sekedar saran apabila ingin berkunjung ketempat ini bisa disaat cuaca cerah biar mendukung pencahayaan saat berfoto juga. So ? What are you waiting for ?

 Itu sedikit review saya tentang Warungboto. Untuk segala kekurangan saya mohon maaf. Terimakasih . 

Komentar

Postingan Populer